GPAI SD Kabupaten Lamongan

Halal Bihalal, Rapat Kerja dan Pembinaan KKG PAI Kabupaten Lamongan



Alhamdulillah, untuk meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, atas segala nikmat dan karuniaNYA kepada kita yang tak terhitung dengan sebuah nilai dan ukuran, maka KKG PAI Lamongan pada hari : Selasa, 25 juli 2017 melaksanakan Halal bihalal, pembinaan dan rapat kerja tahun pelajaran 2017/2018.

Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di gedung widya karya Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan pukul 08.00 WIB, dihadiri oleh Bapak Kasi PAI Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lamongan, Bapak Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan dalam hal ini diwakili oleh Bapak Kasi Kurikulum, Segenap pengurus harian KKG PAI Kab. Lamongan, perwakilan pengurus KKG Kecamatan masing masing 2 orang, acara dipandu oleh Sekretaris I Bapak Abdullo Musyafak, S.Pd.I. dengan susunan acara sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al Qur'an
  3. Sambutan Ketua KKG PAI Kabupaten Lamongan
  4. Pembinaan dari Bpk KASI PAI Kab. Lamongan dan Bpk Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan
  5. Rapat Kerja KKG PAI Kabupaten Lamongan
  6. Lain-lain
  7. Doa dan penutup

Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan Ummul Qur'an, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alqur'an oleh Ust Azizir, dilanjutkan sambutan ketua KKG yang menyatakan uacapan terimakasih atas kehadiran undangan dan ucapan permohonan maaf dengan suasana yang masih terasa di hari lebaran, mewakili segenap pengurus meminta maaf kepada seluruh GPAI Kabupaten Lamongan atas segala khilaf yang disengaja maupun tidak disengaja.





Acara selanjutnya adalah pembinaan, adapun pembinaan dan pengarahan yang pertama disampaikan oleh Kasi PAI Kementrian Agama Kab. Lamongan dalam hal ini disampaikan oleh KH. Maduki Yasin. yang menyampaikan yang pertama kali mewakili PAI Kab. Lamongan memohon maaf kepada seluruh GPAI Kab. Lamongan atas pelayanan dan pemenuhan hak TPP terutama TPP terhutang dan TPP tribulan I yang sedikit tersendat akibat proses pertama kali butuh penyesuaian dan ketelitian sehingga tpp tribulan I agak tersendat,dan beliau menyampaikan tugas dari PAI amat sangat berat karena harus mengurusi mulai jenjang SD, SMP, SMA/SMK, dalam hal ini berbeda dengan dinas yang pekerjaannya fokus pada satu jenjang, dan beliau sadar suara suara sumbang dari GPAI Kab. Lamongan baik melalui sms maupun di grup WA KKG PAI Kabupaten Lamongan.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan, guru yang dikirim diklat kurukulum 2013 hendaknya menularkan ilmu yang di dapat untuk penyebaran kurikulum 2013 di Kab. Lamongan, untuk TPP terhutang dari kabupaten masi melakukan konsultasi dan koordinasi dengan PAI Kanwil Kemenag, tetapi intinya TPP terhutang tidak ada masalah karena sudah melalui tahap verifikasi BPKP dan tinggal menunggu untuk dicairkan pada tahun ini.

Beliau mengingatkan kepada GPAI Kabupaten Lamongan untuk meningkatkan kinerja di sekolah agar sertifikasi yang didapat bisa menjadi lebih barokah bagi guru dan keluarga, diumumkan juga GPAI yang cuti umroh dan haji untuk melaporkan ke PAI karena dalam juknis, cuti umroh TPP dipotong 1 bulan , sedangkan untuk Haji TPP dipotong 2 bulan, beliau sangat senang, karena bisa bertemu denga GPAI dan beliau menyampaikan sedikit tausiyah, bahwa dosa ada dua, yaitu dosa kepada Allah dan dosa kepada sesama manusia, untuk dosa kepada Allah manusia bisa mengucap istighfar dan bertaubat tentunya Allah akan mengampuni dosa dosa bagi manusia yang mau bertaubat dan mengakui kesalahan di hadapan Allah  sedangkan dosa kepada sesama manusia sehingga harus minta maaf kepada orang yang kita dzalimi, agar nantinya dalam kehidupan di akherat kita tidak tersendat dengan tuntutan tuntutan dosa dosa yang kita lakukan kepada sesama manusia.



Pembinaan selanjutnya disampaikan oleh bapak Kabid SD, karena berhalangan dan mengisi ageda di tempat lain, maka diwakilkan bapak kasi kurikulum Bpk Ikhya' Ulumuddin, beliau tidak banyak menyampaikan, cuma beliau menakankan untuk meningkatkan koordinasi antara KKG dan pihak Dinas Pendidikan, karena pengalaman tahun ini, pengiriman kontingen Lamongan ke tingkat Provinsi tidak ada pemberitahuan dari dinas dari KKG karena ada miss komunikasi dan kesalah pahaman,dan itu mohon untuk tahun depan tidak terjadi lagi, karena bagaimanapun siswa dan guru yang terlibat di acara tersebut adalah dalam naungan Dinas Pedidikan,

Beliau juga menyampaikan selamat kepada KKG Lamongan atas juara I MTQ an. Cinta dari SDN Glagah I, beliau menyampaikan apresiasi setinggi tingginya dan mohon untuk surat tugas dan piagam penghargaan disetor melalui KKG, setor kepada Bpk Abdulloh Musyafak agar segera dilaporkan ke dinas dan akan ditindak lanjuti dilaporkan ke Bupati Lamongan untuk mendapatkan apresiasi dan akomodasi dari Pemerintah Kabupaten Lamongan, serta nantinya agar mendapatkan motivasi dan dan pengarahan dari Bapak Bupati untuk bekal pelaksanaan di tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Nangroe Aceh Darussalam. yang terakhir untuk buku LKS PAI yang dikelola KKG hendaknya menyampaikan secara seimbang materi antara NU dan Muhammadiyah agar anak bisa luas wawasannya  untuk saling tau dan memperlajari.



Rapat kerja dipimpin oleh Bapak KH. Munawir selaku pengurus KKG dan Ketua AGPAII Kab. Lamongan, beliau menyampaikan Rakor AGPAII yang akan dilaksanakan di Surabaya dan akan ditindak lanjuti oleh ketua cabang AGPAII di kecamatan, karena sudah dibentuk tim pemberangkatan ke Surabaya, di dalam rapat disepakati yang pertama adalah diklat rutin dan ditambah rekreasi, karena bagaimanapun, sertifikat diklat sangat dibutuhkan untuk kenaikan pangkat melalui nilai DUPAK, dan diklat ini mungkin akan dilaksanakan di kota selain Tuban, karena sudah 3 tahun dilaksanakan di kota tuban dan peserta dianggap jenuh dengan kondisi diklat di Hotel Mustika Tuban, untuk itu tim yang ditunjuk KKG untuk mempersiapkan dan survey lokasi dan tempat di kota Bojonegoro dan Malang dan kota kota lainnya yang dianggap efektif dan efisien.

Dalam Rapat Kerja kali ini menyinggung materi kurikulum 2013 bagi guru yang belum dapat materi sama sekali, nanti akan ditindak lanjuti oleh pengurus KKG, karena bulan agustus akan ada pendampingan dari Kanwil Kemenag, dalam pertemuan ini juga disampaikan mohon doanya agar proposal bantuan kkg bisa disetujui oleh DITPAI Kemenag RI sehingga dana yang didapat nantinya digunakan untuk pembinaan bagi para pengurus KKG PAI kecamatan dan rapat kerja hari ini menghasilkan kesepakatan kesepakatan dan keputusan lain yang dianggap penting dan  ini bersifat privat dan pribadi sehingga tidak bisa saya sampaikan disini.



Mungkin itu yang sedikit kesimpulan hasil rapat, terkait acara pada hari ini, mungkin ada beberapa hal yang mungkin terlewat karena keterbatasan kami sebagai manusia, tentunya kita berharap TPP yang terhutang bisa benar benar dicairkan secepatnya.

Acara terakhir adalah doa yang dipimpin oleh Bapak KH. Munawir.


A.R.A 
Reaksi:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget